Ekonomi Koperasi

Koperasi adalah asosiasi orang – orang yang bergabung dan melakukan usaha bersama atas dasar prinsip – prinsip koperasi, sehingga mendapatkan manfaat yang lebih besar dengan biaya rendah melalui perusahaan yang dimiliki dan diawasi secara demokratis oleh anggotanya. Asosiasi berbeda dengan kelompok, asosiasi terdiri dari orang – orang yang memiliki kepentingan yang sama, lazimnya yang menonjol adalah kepentingan ekonomi. Tujuan koperasi yaitu menjadikan kondisi sosial dan ekonomi anggotanya lebih baik dibanding sebelum bergabung dengan koperasi.

Biasanya arisan hanya memiliki satu tujuan yaitu mengumpulkan dana dari sekelompok orang dan ketika batas waktunya tiba dana tersebut akan diserahkan pada satu orang yang telah diundi atau namanya yang keluar dalam arisan. Namun di lingkungan sekitar kita, saya menemukan kegiatan yang disebut ”koperasi dalam arisan keluarga”.

Koperasi disini berasaskan kekeluargaan, setiap anggotanya terdiri dari beberapa keluarga dan beberapa orang yang masih ada hubungannya dengan anggota keluarga tersebut, misalnya sahabat karib atau satu kampung kelahiran. Dalam satu keluarga boleh berpartisipasi lebih dari dua orang, asalkan mematuhi aturan main yang telah ditetapkan. Kegiatan koperasi dalam arisan ini diselenggarakan sebulan sekali dan bertujuan untuk mempererat tali silaturahim sesama keluarga baik yang dekat maupun keluarga jauh.

Kegiatan ini beranggotakan 30 orang, jadi uang arisan yang didapatkan sebesar Rp 1.500.000 setiap bulannya untuk satu orang. Akan tetapi disini kita mempunyai koperasi simpan pinjam. Jika ada seseorang membutuhkan dana namun arisannya tidak keluar maka orang itu bisa melakukan pinjaman dengan bunga pinjaman sebesar 1%. Menariknya dalam pinjaman tersebut pembayaran dapat dicicil / diangsur setiap bulannya. Namun besarnya bunga pinjaman akan terus bertambah menjadi 2%, 3%, 4%, dan seterusnya. Jadi, sebaiknya pinjaman harus segera dilunasi jika tidak ingin dibebankan bunga lebih banyak lagi.

Manfaat koperasi yang tercermin dari tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan anggota baik dalam tataran ekonomi maupun sosial. Kesejahteraan yang erat kaitannya dengan pemanfaatan jasa dari koperasi ikut membantu anggota dalam menghadapi kesulitan terutama yang menyangkut persoalan keuangan. Jadi koperasi sangat bermanfaat bagi anggota arisan keluarga tersebut, selain memperat tali silaturahim koperasi disini dapat membantu anggota yang membutuhkan dana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: