WAWASAN NUSANTARA

Wawasan nusantara merupakan sumber utama dalam menyelenggarakan kehidupan nasional sehingga wawasan nusantara dapat disebut sebagai wawasan nasional dan merupakan landasan ketahanan nasional.

Indonesia memiliki banyak bermacam-macam keragaman yang ada di sini, Indonesia juga memiliki banyak pulau-pulau yang dipisahkan selat, teluk dan juga memiliki keanekaragaman adat istiadat, budaya, bahasa, ilmu pengetahuan, mata pencaharian, dan cara berpikirnya pun berbeda-beda tiap wilayah. Karena perbedaan inilah, maka semboyan negara

Indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika yang artinya walaupun berbeda-beda namun tetap satu.
Teori Geopolitik adalah ilmu yang mempelajari tentang potensi kehidupan, politik, strategi, dan geografi yang dimiliki oleh suatu bangsa

Teori geopolitik bertujuan menigkatkan potensi kehidupan dari segi pemenuhan SDA dengan memaksimalkan pemanfaatan SDA yang dimiliki negara itu sendiri tanpa campur tangan dari negara lain, apabila masih terdapat campur tangan menandakan bahwa negara tersebut belumlah maju.

Meningkatkan potensi strategi dengan menguasai keadaan baik potensi secara ekonomi, sosial, dan budaya negara dengan memahami ilmu geografi. Menigkatkan potensi politik dengan berkerja sama dengan negara-negara lain tanpa harus menguasai, karena penjajahan tidak sesuai dengan isi dari UUD Negara Indonesia.

Bangsa Indonesia memiliki cara pandang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang dasar 1945 yang disebut sebagai wawasan nusantara. Wawasan nusantara juga merupakan sumber utama dan landasan yang kuat dalam menyelenggarakan kehidupan nasional sehingga wawasan nusantara dapat disebut sebagai wawasan nasional dan merupakan landasan ketahanan nasional.

Membangun kesadaran dan kemampuan bela negara dikalangan bangsa Indonesia sebagai dasar untuk membangun kekuatan negara dengan wawasan nusantara dilakukan secara formal dalam lingkungan pendidikan sekolah maupun secara informal dalam lingkungan bermasyarakat secara nyata belum dapat diwujudkan.

Hal ini disebabkan masih rendahnya kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pemahaman wawasan nusantara sebagai perwujudan Wawasan Kebangsaan bagi bangsa Indonesia.

Membangun kesadaran dan kemampuan bela negara dikalangan bangsa Indonesia juga dapat dilakukan baik dalam lingkungan keluarga maupun masyarakat, contohnya, kegiatan ronda malam yang dilakukan warga-warga secara bergantian atau bertahap demi menjaga keamanan lingkungan daerah bersama-sama.

Saling gotong royong dalam kerja bakti membersihkan lingkungan daerah setempat, saling membantu jika ada warga yang kesusahan. Melalui gerakan-gerakan dan kegiatan tersebut diharapkan masyarakat mampu mewujudkan wawasan nusantara dalam aspek kehidupan agar ketahanan nasional tetap tegak berdiri di negara Indonesia.

Wawasan nusantara pada hakikatnya membawa kita untuk memikirkan kembali cara pandang kita terhadap Negara dan bangsa ini dipandang dari sudut ipoleksosbudhankam. Pancasila sebagai filter ideologi dapat kita terapkan bersama untuk mencegah paham-paham negatif baik dari pergerakan kiri atapun kanan yang justru kontraproduktif kepada kedaulatan dan persatuan bangsa

Kepedulian kita sebagai anak bangsa, jiwa persatuan yang kokoh, dan semangat perjuangan yang tinggi untuk membangun tanah air dan bangsa semoga menguatkan kita sebagai bangsa dalam kancah pergaulan antar bangsa di era globalisasi ini. Bersatu, berjuang dan berkarya untuk Indonesia Raya tercinta.

Melalui gerakan-gerakan dan kegiatan ini diharapkan masyarakat mampu mewujudkan wawasan nusantara dalam aspek kehidupan agar ketahanan nasional tetap tegak berdiri di negara Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: