Latar Belakang PI saya

BAB I

PENDAHULUAN

1.1        Latar Belakang

Perkembangan teknologi dan industri membawa dampak bagi kehidupan manusia terutama dunia usaha pada saat ini. Di samping itu banyaknya usaha yang bermunculan baik perusahaan kecil maupun besar  berdampak pada persaingan yang ketat antar perusahaan baik yang sejenis maupun yang tidak sejenis. Oleh karena itu pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dalam menghadapi persaingan, pengembangan usaha dan untuk mendapatkan laba, sehingga perusahaan dapat mengembangkan produknya, menetapkan harga, mengadakan promosi dan mendistribusikan barang dengan efektif.

Pada umumnya perusahaan mengalami kesulitan dalam memonitor, memahami dan menganalisis perilaku konsumen secara tepat dan benar, mengingat banyaknya faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dan adanya perbedaan perilaku untuk masing-masing individu. Dengan  demikian perusahaan dituntut untuk dapat memantau perubahan-perubahan perilaku konsumennya, termasuk perilaku konsumen untuk mendapatkan atau memilih produk.

Produk mie instan sebagaimana diketahui adalah salah satu produk makanan cepat saji yang semakin lama semakin banyak digemari masyarakat karena kemudahan dalam hal penyajiannya. Demikian juga bagi kalangan mahasiswa yang sebagian besar berdomisili jauh dari orang tua, produk ini merupakan makanan cepat saji yang biasa dikonsumsi karena harganya yang terjangkau, mudah didapatkan dan sifatnya yang tahan lama. Dengan semakin banyaknya mie instan yang ada di pasaran berarti memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk memilih merk yang sesuai dengan keinginannya. Oleh karena itu perlu bagi perusahaan untuk menganalisis perilaku konsumen mie instan untuk mengetahui pola pembeliannya. Dengan banyaknya merk mie instan yang ada di pasaran akan mendorong perusahaan bersaing mendapatkan calon konsumen melalui berbagai strategi yang tepat, misalnya mengubah kemasan, warna, aroma, promosi dan harga. Lebih jauh lagi produsen dalam mendistribusikan produknya ke pasar konsumen berusaha agar produknya dapat diterima sesuai dengan apa yang diinginkan konsumen.

Keanekaragaman konsumen dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor baik yang berasal dari diri konsumen maupun luar konsumen. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen diantaranya adalah faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis.Dari uraian tersebut di atas maka judul penelitian ini adalah: Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Teh Merek Sari Wangi (Studi Pada Warung Sukses Mandiri di Bekasi).

1.2        Perumusan Masalah

                   Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas dapat ditarik perumusan masalah adalah Apa saja faktor-faktor  yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian produk teh sari wangi?

1.3              Batasan Masalah

Penelitian ini adanya pembatasan masalah yang membahas tentang Penulis membatasi penulisan ilmiah ini hanya pada analisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian produk teh sari wangi dan data yang digunakan pada produk …. dengan menggunakan metode ….

1.4       Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka dapat disusun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui:

  1. Mengetahui produk teh mana yang paling tinggi tingkat keputusan dalam pembelian produk teh sari wangi
  2. untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen atas pelayanan, fasilitas, dan kenyamanan yang diberikan oleh G’zone net
  3. menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen pada G’zone net

1.5.      Manfaat Penelitian

1.   Bagi penulis dapat menambah ilmu pengetahuan dan Untuk mengetahui strategi apa yang dapat dilakukan demi tercapainya kepuasan konsumen

2.   Bagi perguruan tinggi, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dan referensi untuk penelitian selanjutnya.

1.6       Metode Penelitian

 

            1.6.1    Objek Penelitian

Objeknya adalah konsumen yang membeli di Warung Sukses Mandiri.

1.6.2        Data/Variabel

Penulis menggunakan data dari kuesioner yang telah diisi oleh konsumen yang mengunjungi Warung Sukses Mandiri, dengan menggunakan sampel sebanyak 50 responden.

1.5.2        Metode Pengumpulan Data

Cara pengumpulan data yang digunakan penulis untuk mendapat data / variabel antara lain :

  1. a.      Data Primer
    1. 1.      Kuesioner

Untuk memperoleh data primer maka metode pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner, merupakan pengumpulan data dengan menyusun daftar pertanyaan secara tertulis dimana pertanyaan tersebut akan diberikan kepada responden untuk memperoleh tanggapan tentang fenomena yang dihadapi

  1. b.      Data Sekunder

                                    Dengan cara menggali teori-teori yang telah berkembang dalam bidang ilmu yang berkepentingan, yang relevan dengan topik penelitian. Dalam studi pustaka ini penelitian yang dilakukan dengan cara pengumpulan data yang didapat dari berbagai sumber.

1.5.3        Hipotesis

Hipotesis dalam penelitian ini adalah :

Ho: Konsumen merasa tidak puas terhadap pelayanan, fasilitas, kenyamanan yang diberikan G’zone net.

Ha: Konsumen merasa puas terhadap pelayanan, fasilitas, kenyamanan yang diberikan G’zone net.

1.5.4        Alat Analisis yang digunakan

            Metode analisis data yang digunakan adalah :Skala Likert dan Chi Square

  1. 1.      Metode chi kuadrat ( Chi Square )

Dalam metode ini pengujian hipotesis mengenai perbandingan antara frekuensi observasi atau yang benar benar terjadi (Fo) dengan frekuensi harapan (Fe) yang didasarkan pada hipotesis tertentu.

  1. 2.      Skala Likert

Dalam metode skala likert ini responden diminta untuk menentukan jawaban dan tiap jawaban diberi skor atau nilai, kemudian skor keseluruhan dijumlahkan.

Nama : Muhammad Ramadhan
Kelas :3ea12
Npm : 12209062

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: